Simak 5 Langkah Mudah Mencuci Sleeping Bag Agar Selalu Bersih

Sleeping bag merupakan salah satu sarana yang sering kali dipakai untuk menunjang aktifitas luar ruangan, seperti diantaranya adalah pendakian atau sejenisnya. Alat yang satu ini terbilang sangat praktis karena memang bisa digunakan sebagai tempat tidur dalam kondisi darurat, namun juga tetap aman dan nyaman. Apalagi jika melihat dari modelnya juga terbilang praktis dan multifungsi, dapat dengan mudah Anda simpan di dalam tas tanpa memakan terlalu banyak tempat, sehingga nyaman juga dengan membawa barang-barang lainnya.

Tak bisa dipungkiri jika seandainya sarana yang satu ini sebenarnya tak hanya cocok digunakan untuk aktivitas luar ruangan, melainkan sering kali juga dipakai di dalam ruangan sebagai tempat tidur darurat. Apalagi karena bahannya yang tergolong hangat membuat Anda jadi lebih nyaman tidur di dalamnya. Harga di pasaran cukup bervariatif tergantung dari merk dan juga bahan yang konsumen pilih, semakin bagus memang ditawarkan dengan harga yang kian mahal.

Pastikan juga untuk menjaga kondisinya agar tetap bersih agar selalu nyaman digunakan, patut untuk diketahui bahwa mencuci sleeping bag ini tidak boleh sembarangan, karena beresiko untuk merusaknya, berikut ini diantaranya ada beberapa tips mudah dalam mencucinya:

1. Cek label perawatan terlebih dahulu, disana akan tertera apa saja yang boleh dan juga tidak boleh dilakukan pada alat yang satu ini, misalnya adalah beberapa bahan bisa dicuci dengan mengenakan mesin cuci, namun juga ada yang tidak boleh dicuci menggunakan mesin. Jika produk tersebut bisa dicuci memakai mesin, maka Anda akan jauh lebih praktis di dalam membersihkannya, namun jika tidak maka mau tak mau harus pakai cara manual.
2. Siapkan bak dan isi dengan air secukupnya, Anda bisa memakai detergen jenis cair dibandingkan dengan bubuk, bagaimanapun detergen jenis bubuk ini sering kali mengeluarkan residu ketika digunakan mencuci, bukannya bersih, bagi beberapa kalangan yang alergi terkadang membuatnya sering kali bersin-bersin. Untuk itulah paling aman menggunakan detergen cair, tuangkan ke dalamnya dan campur jadi satu.
3. Panas terlebih dahulu semua resletingnya, fungsinya adalah untuk menghindarkan bagian dalam agar tidak sampai terendam air secara langsung. Setelah semua resleting ditutup, maka selanjutnya Anda bisa langsung merendamnya dengan posisi mendatar pada bak yang sudah diisi dengan air tersebut. Setidaknya proses perendaman ini dilakukan sekitar 15 menit untuk melunturkan kotoran yang menempel.
4. Langkah selanjutnya adalah dengan menekan-nekan bagian atas tersebut menggunakan tangan Anda, sambil diremas-remas nantinya busa akan keluar, cara yang satu ini sudah aktif untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Namun jika noda membandel, maka Anda bisa mengandalkan sikat, pastikan juga untuk menggunakan sikat yang berbulu halus saja, sehingga tak merusak permukaannya.
5. Angkat dari bak tersebut kemudian bilas dengan menggunakan air bersih, cara untuk memeras airnya juga sangat mudah, cukup dengan menggulung sambil menekan-nekannya saja, hal ini secara efektif bisa mengeluarkan cairan yang terserap di dalamnya juga ikut keluar. Setelah memastikan air sudah lumayan banyak keluar, maka bisa langsung dijemur di bawah cahaya matahari langsung untuk mempercepat proses pengeringannya.

Sangat mudah bukan, tak membutuhkan waktu lama untuk mencuci sleeping bag ini, hanya saja memang tidak semua jenis memang bisa dicuci, sebagian diantaranya hanya boleh dicuci pada bagian yang kotor saja, karena komponennya mudah rusak jika terkena air.

Komentar