4 Cara Merawat Kulit Bayi agar Tetap Halus Sehat dan Lembut

Cara perawatan kulit bayi baru lahir tidaklah sulit. Cara merawat dan menjaga bayi yang baru lahir menjadi sangat penting agar bayi tak mudah terkena iritasi. Sebab, pada dasarnya kulit bayi baru lahir cenderung lebih sensitif dan mudah terkena iritasi. Berikut adalah beberapa cara tepat merawat kulit bayi agar tetap halus, lembut, dan sehat.

4 Cara Merawat Kulit Bayi

1.    Memandikan dengan Air Hangat

Cara merawat kulit bayi yang pertama adalah memandikan bayi dengan air hangat. Namun, saat memandikan bayi dengan air hangat, Anda harus memastikan bahwa air tersebut tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.  Anda dapat mengetesnya dengan mencoba air hangat di telapak tangan Anda.

Untuk menjaga agar kulit bayi tetap halus, sehat dan lembut, Anda dapat menambahkan beberapa tetes baby oil ke dalam air mandi bayi. Baby oil sendiri berfungsi untuk melembapkan kulit bayi. Anda dapat menggunakan baby oil biasa ataupun baby oil yang mengandung lidah buaya dan vitamin E yang dapat memberikan rasa nyaman sekaligus melembapkan kulit bayi.

2.    Gunakan Sabun dengan pH Seimbang
Saat merawat kulit bayi, Anda perlu menggunakan sabun dengan pH yang seimbang. Gunakanlah sabun dengan pH antara 4,5 hingga 5. Dengan menggunakan pH yang seimbang tentunya dapat menjaga tekstur kulit bayi agar tetap halus, sehat dan lembut.

Anda dapat menggunakan produk Cusson Baby Soft and Smooth untuk menjaga kelembapan kulit sang buah hati. Produk yang satu ini mengandung Almond Milk dan Rose Oil yang dapat memberikan keharuman dan kenyamanan untuk si kecil. Anda dapat menggosokan sabun secara perlahan ke seluruh bagian kulit bayi dengan berhati-hati.

3.    Perhatikan Apakah Ada Lapisan Vermix Caseosa
Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kulit bayi apakah terdapat lapisan vermix caseosa atau tidak. Lapisan vermix caesosa adalah lapisan berwarna putih cream yang berkembang pada kulit bayi sejak usia 20 minggu masa kehamilan. Vermix dipercaya sebagai pelembap yang berfungsi melindungi kulit bayi di dalam rahim.

Lapisan vermix caeosa yang terdapat pada kulit bayi saat lahir tidak boleh digosok karena lapisan ini berfungsi untuk melindungi kulit bayi yang sangat sensitif. Anda dapat mengeringkan kulit bayi seusai dimandikan dengan cara menepuk lembut tubuh bayi. Ingat, Anda tidak diperbolehkan untuk menggosok kulit bayi karena kulit bayi akan rentan terhadap iritasi.

4.    Berikan Bedak Khusus Bayi
Pemberian bedak pada kulit bayi juga dapat membantu dalam menjaga kulit bayi agar tetap halus sehat dan lembut. Pastikan Anda menggunakan bedak bayi yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Anda dapat menggunakan Soft & Smooth Baby Powder yang mengandung bahan alami seperti Almond Milk yang dapat menutrisi dan melembapkan kulit. Anda juga jangan menggunakan bedak bayi pada bagian leher, pangkal paha, ketiak, dan kelamin karena bedak dapat tercampur dengan keringat yang dapat menyebabkan biang keringat dan iritasi pada  bayi.

Nah, di atas merupakan beberapa cara merawat kulit bayi baru lahir. Kulit bayi baru lahir cenderung lebih sensitif, untuk itu Anda perlu memberikan perawatan yang tepat. Yuk segera cari perlengkapan bayi yang aman digunakan di orami.co.id dan nantikan promo hari kemerdekaan yang diselenggarakan untuk mendapatkan penawaran menarik.

Komentar